Membuat dan Tune Dipole Secara Cepat

Bagaimana cara membuat antenna dipole dengan perhitungan cepat, serta cara men “Tune” dengan cepat) di HF, misal di 3.830 MHz (80 Meter band)?

Persiapan:

Alat-alat yang harus dipersiapkan dan sudah pasti dibutuhkan antara lain:

  • Perangkat radio amatir/HF (General Coverage);
  • SWR Meter.

Bahan-bahan:

  • Kawat atau kabel yang dipakai harus cukup baik kualitasnya apabila dikembangkan atau ditarik, tetapi sekaligus konduktor yang baik. Kawat tidak boleh menjadi panjang atau mulur atau putus apabila ditarik. Kawat atau kabel yang baik juga punya kemampuan untuk meneruskan arus secara baik, misalnya: kawat yang terbuat dari perak (atau yang dilapisi bahan perak) menyusul tembaga, alumunium dan lain sebagainya;
  • Lebih tebal atau lebih besar diameter kawat tidak akan menguatkan pancaran, tetapi membuat antenna itu bisa lebih lebar bandwidth-nya. Artinya antenna bisa menunjukan SWR rendah lebih lebar pada band itu;
  • Kawat yang panjang nya lebih kurang 40 meter (1/2 lamdba dari 80 Meter);
  • 2 buah isolator;
  • Balun 1:1 atau bisa juga tanpa balun dengan menggantinya dengan isolator;
  • 2 tiang antenna, untuk penyangga kedua ujung wire;
  • Tali penarik yang lentur, kuat dan tahan cuaca.

Cara Perakitan:

  • Antenna dipole untuk 80 meter band membutuhkan ruang 1/2 kali dari panjang gelombang jika membentang secara horizontal apabila luas lahan menujang atau boleh juga numpang tetangga :-). Apabila lahan tidak mendukung dan tidak cukup luas bisa dibuat menjadi inverted “V” dengan bentuk huruf “V” terbalik dan sudut yang dibuat harus lebih dari 90°;
  • Kedua wire tadi disambungkan pada balun atau isolator yang dibuat untuk feedpoint-nya. Kemudian dihubungkan dengan kabel coaxial yang telah terhubung ke SWR Meter dan perangkat radio HF. Kedua ujung wire diikat pada ke 2 isolator yang telah kita siapkan dan ditarik ke 2 ujungnya pada masing- masing tiang yang telah tersedia;
  • Pasang antenna untuk sementara dan diukur SWR nya untuk mengetahui berapa tepat panjang kawat yang harus dikurangi/dipotong atau ditambah.
  • Kalibrasi SWR pada mode CW/AM. Cara menghitung panjang wire: Dasar penghitungan adalah

= 300 / Frequency MHz / 4

Keterangan:

300 dibagi Frequency MHz yang dikehendaki dalam MHz dan kemudian dibagi lagi menjadi 4 (¼ lambda). Hitungan untuk frequency 3,830 MHz adalah (300 : 3,830) = 78,33 (pembulatan) / 4 = 19,58 Meter. Panjang wire ini adalah panjang sebenarnya menurut hitungan atau teori.

Cara men “tune” dengan cepat:

Setelah antenna terpasang, putar dial frequency pada transmitter sambil di transmitkan dengan power kecil saja dan akan didapat bahwa antenna tersebut “MATCH” pada frekuensi yang BUKAN kita inginkan yaitu akan berada (misal-nya) di 3,650 MHz. Untuk frekuensi 3,650 MHz panjang SEHARUSnya adalah: (300 : 3,650) = 82,19 : 4 = 20,547 Meter / 20,55 Meter. Berarti antenna yang dipasang adalah KEPANJANGAN.

Potong selisih panjang wire-nya: 20,55 meter – 19,58 meter = 0,97 meter. Sekarang panjang wire-nya adalah: 19.58 meter – 0,97 meter = 18.61 meter. Dengan hasil hitungan terakhir maka antenna terpasang akan MATCH pada frekuensi yang kita inginkan di lebih kurang 3,830 MHz 🙂 . Selisih yang didapat dapat digunakan sebagai acuan velocity factor untuk kalkulasi antenna mendatang bilamana menggunakan bahan yg sama. (Red.)

Hitungan ini juga dapat dipakai untuk semua band di High Frequency. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat melihat mengunjungi web site penulis pada alamat: http://www.qsl.net/yb0hd Silakan coba tips di atas, mudah dan akurat. Selamat mencoba!

Sumber: Buletin Elektronik Orari-News Tahun VI/1 (Oleh: Budi Rianto Halim, YB0HD)

 

Pos ini dipublikasikan di ANTENNA. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membuat dan Tune Dipole Secara Cepat

  1. ahbab berkata:

    thank you..73

    Suka

Tinggalkan komentar