Sejarah ORARI Regional 8 Sulawesi dan Maluku

Oleh : H. Tadjuddin Madjid – YB8DZ

Sekitar tahun 1969 banyak rekan-rekan mendirikan pemancar radio yang sifatnya homebrew bahkan beberapa diantaranya sudah bisa komunikasi dengan rekan di pulau Jawa dengan menggunakan antenna bentangan ( long wire ) pada frequency 3.5 Mhz AM ( di tuning memakai lampu neon, waktu itu belum ada SWR meter ) dengan menggunakan receiver transistor biasa yang antennanya di swicth ke long wire antenna dan ada pula yang mulai broadcasting tanpa surat izin siaran. Sehingga timbul ide rekan-rekan untul membentuk suatu wadah yang kemudian dinamakan Persatuan Amatir Radio Makassar ( PARMA ) yang pengurusnya terdiri dari beberapa radio siaran dan teknisi homebrew, yang akhirnya merupa kan cikal bakal ORARI Regional 8 Sulawesi dan Maluku.

Sementara itu di Jawa sudah terbentuk ORARI walaupun baru 4 Region jaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terbentuk pada 9 Juli 1968 atas dasar PP No.21/1967 sehingga tanggal 9 Juli ditetapkan sebagai hari jadi ORARI Nasional.

Pada 16 Maret 1969 bertempat di Wisma Angkatan Laut (Wisma Selayar) di Jl. G. Latimojong 145 Makassar dengan diprakarsai oleh Bpk. Imam Abdullah (perwira TNI-AL) maka diadakanlah pertemuan untuk membahas pembentukan ORARI Reg. 8 Sulawesi dan Maluku, rapat itu dihadiri oleh 9 orang :

  1. Imam Abdullah TNI-AL
  2. Bwee Djie Soe Telkom
  3. Louis J. Noll ex PK6NL
  4. R. Kawinda Montir Radio Erka
  5. F.H.S Patty Meteorology
  6. P. Latuperissa Telegrafist
  7. F. Mashur Nurim Hegar Broadcast Station
  8. Tadjuddin Madjid, Radio Gamasi
  9. Masri Saleh

Selanjutnya diadakan lagi pertemuan berikutnya bertempat di Jl. Kenari Makassar dengan mengundang beberapa pengurus PARMA, teknisi radio dan peminat.

Rapat ini sudah mendapat persetujuan dari Komlek Kowilhan IV Sulawesi dan KA HUBDAM XIV Hasanuddin. Rapat ini berhasil membentuk Pengurus Sementara untuk diajukan ke Dewan Komunikasi di Jakarta sebagai permohonan Pengesahan ORARI Regional 8 Sulawesi dan Maluku

Tanggal 22 November 1970 Surat Keputusan Dewan Telekomunikasi RI No. 0315/DETEL/1970 ttgl. 20 Oktober 1970, tiba dengan mengesahkan Pengurus ORARI Regional 8 Sulawesi dan Maluku sebagai berikut :

  1. Ketua                    : Imam Abdullah
  2. Wkl. Ketua            : B.P. Wibawa Mahardja
  3. Sekretaris I           :  Aswir Surya Negara
  4. sekretaris II           :  Masri Saleh
  5. Bendahara           :  Bahar

Biro-Biro:
Teknik :  Rinjhart Kawinda YB8AD, Paul Latupeirissa YB8AE, Tjukul Sastroprawiro, Djunaidi Asfar AS, Franciscus Mashur Nurima YB8AB, J.H. Aburisman
Monitoring  :  F.H.S. Patty YB8AC, R. Tumbuan
Pendidikan :  Octavianus Phelipus Loupatty, F.H.S. Patty YB8AC
Pembinaan Organisasi : F.H.S. Patty YBBAC, J.H. Aburisman
Penelitian & Penyelidikan :  Imam Abdullah

Kepengurusan ini sempat vacuum dengan berpindah tugasnya Ketua dan Wakil Ketua ( Bpk. Imam Abdullah dan Bpk. BP. Wibawa Maharja ) sehingga pada tanggal 29 November 1970 ber tempat di rumah Bpk. Franciscus Mashur Nuruma Jl. Lasinrang No.4 Makassar dengan aklamasi ditunjuk Bpk. F.M.Nurima (YB8AB) sebagai Ketua dan Bpk. F.H. Simon Patty (YB8AC) sebagai Wakil Ketua.

Masa bakti kepengurusan ini berakhir pada tanggal 3 November 1974, dan berdasarkan Rapat Anggota Luar Blasa yang diadakan di Jl. Bulu Ina No 80A Ujung Pandang, dibentuk Pengurus ORARI Regional 8 Sulawesi Maluku PERIODE KE II untuk mesa bakti 1974 — 1976.


ORARI Regional 8 Sulawesi Maluku Periode II (1974-1976)

PELINDUNG/PENGAWAS:
– Ketua G6/KOMLEK KOWILHAN III
– Kepala Daerah TELKOM VII/SULAWESI
– Ka. HUBDAM XIV/HASANUDDIN

PENGURUS :

  1. Ketua                  : Bambang H. S – YB8AH
  2. Wakll Ketua       : F.H.S. Patty – YB8AC
  3. Sekretaris           : Masri Saleh – YB8AG
  4. Wkl Sekretaris   :  Tadjuddin Madjid – YC8AV (sekarang YB8DZ)
  5. Bendahara I       :   Drs. Karno Adi – YD8CJ
  6. Bendahara II      :   Bambang Yuliarto – YC8AJ

Pembantu Umum :  Paul Latuperissa YB8AE, Rauf Loekito (ELNUSA) – YC8AX
Seksi-Seksi:
Teknik & Monitoring : Rijinhart Kawinda YB8AD, Djunaidy Asfar AS YC8AS
Pendidikan & Latihan : F.H.S. Patty YB8AC ,     A Syaifuddin Syarif BEE YD8BG
Pengembangan : E.R. Tumbuan, Yohannis H.S. Kairupan YD8AO

Pengurus pada susunan kepengurusan tersebut di atas sudah banyak yang Silent Key, a.l. : F.Mashur Nurima YBSAB, B.P. Wibawa Mahardja, L. J. Noll, Paul Latupeirissa YB8AE, FFeden`k H s Patty YBSAC, Muljono YB8AQ, Rijnhart Kawinda YBBAD, Yohannes H.S. Kairupan YB8AO, 0.P. Loupatty YB8AF, Masri Saleh YBBAG danRauf Loekito YC8AX (ex YC2BB, YC0DT), yang tersisa di Makassar YB8DZ dan Bambang Yuliarto YC8AJ ex Radio Baratayudha (sudah tidak aktif).

Suggestion : 20 Oktober harus dirayakan sebagai Hari Jadi Orari Regional 8 yang selama ini tidak pernah diadakan.

Salam, YB8DZ

Pos ini dipublikasikan di AMATEUR RADIO. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar