Kode Morse (CW)

maxresdefault (1)

Kode Morse merupakan salah satu jenis komunikasi jarak jauh yang paling tua. Samuel F.B. Morse menciptakan kode alfabet khusus untuk digunakan pada telegrafi. Uji coba telegraf listriknya dimulai tahun 1835. Pada tahun 1843 Morse mulai membangun jaringan kawat yang menghubungkan Washington DC dan Baltimore. Pesan pertama telegrafnya dikirimkan pada tanggal 24 Mei 1844, yang berbunyi “What hath God wrought“.

Bagi Amatir Radio, komunikasi telegrafi menggunakan kode morse merupakan cara yang paling efisien. Secara teknis dengan daya yang sangat kecil, telegrafi morse mampu mencapai jarak komunikasi yang lebih jauh. Dalam kondisi operasi radio yang paling buruk sekalipun dimana komunikasi telefoni dan digital sulit dilakukan, seringkali morse mampu menembusnya.

Sandi-sandi dalam kode morse merupakan bahasa dunia sehingga komunikasi antar bangsapun lebih mudah dilakukan. Sandi yang sangat berguna dalam penyelamatan jiwa manusia adalah “SOS“, singkatan dari save our soul.

Menggunakan kode morse ternyata sangat mengasyikan. Banyak diantara teman-teman Amatir Radio yang mencoba belajar kode morse, lalu menjadi kecanduan. Selain itu menggunakan kode morse diyakini dapat memperkuat daya ingat, melatih kesabaran dan disiplin. Bahkan tidak sedikit yang percaya bahwa kode morse bisa memperpanjang umur penggunanya.

Pos ini dipublikasikan di MORSE (CW). Tandai permalink.

3 Balasan ke Kode Morse (CW)

  1. Kiko berkata:

    Om, boleh dong artikel yang membahas cara belajar cepat kode morse..,
    73

    YD8AKM

    Suka

  2. YD2CNE berkata:

    saya juga sedang mulai belajar CW ini om. sedang belajar menghafal hehehe…73
    YD2CNE

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar